4:26 AM
0
Meski bukan barang baru dan sudah sering terdengar, sepertinya banyak yang belum menyadari betapa kerennya teknologi Augmented Reality (AR). Teknologi AR ini menggabungkan benda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut secara real-time.
Wikitude adalah sebuah aplikasi berbasis AR yang terdapat pada perangkat bergerak. Wikitude pertama kali dikembangkan oleh perusahaan Austria Wikitude GmbH dan pertama kali diterbitkan pada bulan Oktober 2008.
Wikitude dapat menampilkan berbagai info ketika kamera ponsel kita arahkan ke sekitar, lengkap dengan info dari wikipedia. Aplikasi wikitude ini sangat berguna jika anda akan bepergian ke tempat-tempat yang belum pernah anda kunjungi.
Wikitude telah memiliki berbagai versi untuk beragam sistem operasi populer seperti iOS, Android, BlackBerry OS, Windows Phone dan Symbian.



 
Wikitude juga memungkinkan Anda untuk membuat sendiri "dunia", dengan menggabungkan pencarian-pencarian yang berbeda. Mungkin Anda ingin memeriksa semua tweets yang telah diposting di dekatnya, dan semua tempat-tempat menarik dari Wikipedia. Anda dapat menciptakan dunia Anda sendiri setiap kali Anda berada di tempat yang baru.
Masih ada beberapa masalah dengan aplikasi ini. Beberapa dari anda mungkin akan merasa canggung, karena aplikasi ini mengharapkan anda untuk menggunakannya dengan berdiri untuk menangkap gelombang di atas kepala Anda jika Anda menggunakan tampilan kamera, sehingga tidak dapat digunakan dengan posisi duduk. Masalah lainnya adalah kadang-kadang arah yang tidak sempurna sehingga menyebabkan kesalahan informasi aplikasi sehingga masih memungkinkan Anda untuk sampai pada jalan buntu dan itu tentu saja menjengkelkan. Namun perbaikan-perbaikan terus dilakukan untuk aplikasi ini.

Berikut adalah video demonstrasi dari aplikasi Wikitude:


Oleh: Zulfah Permata Illiyin  -  5111100034

0 comments:

Post a Comment