2:17 AM
0
Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan  benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata (realtime).
Teknologi baru ini, yang disebut Augmented Reality disingkat AR, di mana teknologi ini akan menipiskan batas antara apa yang nyata dan apa yang dihasilkan komputer sehingga kita dapat melihat, mendengar, merasa dan mencium.
Bayangkan, ketika Anda membaca koran, dengan Augmented Reality koran tersebut tidak hanya menampilkan tulisan dan foto, tetapi kita bisa melihat video dan mendengar suara yang keluar melalui koran tersebut.

Metode yang digunakan dalam Augmented Reality adalah dengan menggunakan Marker. Ada beberapa metode yang digunakan pada Augmented Reality salah satunya adalah Marker Based Tracking. Marker biasanya merupakan ilustrasi hitam dan putih persegi dengan batas hitam tebal dan latar belakang putih. Komputer akan mengenali posisi dan orientasi marker dan menciptakan  dunia virtual 3D yaitu titik (0,0,0) dan 3 sumbu yaitu X,Y,dan Z.

Saat ini telah dikembangkan suatu marker yang baru, yaitu Markerless Augmented Reality. Dimana dengan metode ini pengguna tidak perlu lagi menggunakan sebuah marker untuk menampilkan elemen-elemen digital. Seperti yang telah dilakukan di K2013 German, Reifenhäuser mempresentasikan sebuah cara baru dengan menggunakan markerless augmented reality. Dimana disana telah dicetak maket suatu produk dengan skala 1:18 yang akan dijadikan sebuah marker agar para pengunjung mudah untuk melihatnya.


Pada pameran ini, pengunjung cukup menggunakan iPad mereka untuk menangkap marker berupa maket yang sudah dipajang oleh panitia. Teknologi ini menggunakan SDK Metaio 3D Markerless. 

Metaio merupakan salah satu SDK untuk membangun aplikasi Augmented Reality berbasis mobile maupun PC. Metaio dapat digunakan pada platform iOS, Android dan PC. Metaio juga dapat digunakan bersama-sama dengan Unity3D. Official website untuk developer dapat dikunjungi di http://dev.metaio.com

Sehingga pengunjung nantinya cukup mengarahkan kamera iPad nya ke maket gedung kemudian di layar akan ditampilkan informasi-informasi terkait maket tersebut. Tentunya dengan presisi yang
tinggi dan informasi yang cukup.


“With it’s 3-D markerless tracking, the Metaio SDK enabled us to create a magic-like experience by perfectly tying together the physical and the virtual world without disclosing how it is made possible.” says Michael Schmitz, Designer of the AR experience.

Aplikasi untuk pameran ini dibuat oleh Michael Schmitz(www.interaktivegestaltung.net) dan Kersten Broich(www,digitalvalues.de), yang berbasis pada konsep ART+COM AD untuk Reifenhäuser Group.


Oleh : 5111100702 - Didik Purwanto

0 comments:

Post a Comment