1:31 AM
0
Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.

Dewasa ini sudah sangat banyak yang telah memanfaatkan teknologi ini dalam bidang pendidikan dan game, misalkan saja Oculus Rift VR ataupun Layar yang digunakan dalam dunia periklanan, namun tahukah anda mengenai Augmented Reality dalam dunia penerbangan? Tentu saja hal ini akan terdengan asing, namun faktanya Augmented Reality telah digunakan sejak lama yakni sekitar tahun 90an tepatnya 1999. Adalah LandForm yang mengeluarkan product bernama LandForm RIS (Rapid Imaging Software) yang bekerja sama dengan NASA untuk melengkapi sistem navigasi yang ada pada pesawat.



LandForm RIS ini sendiri akan menggambarkan struktur permukaan dari bumi yang akan diterjemahkan sistem menjadi beberapa macam bentuk, misalkan saja menandai landasan pacu, menandai adanya perumahan, dan bisa saja digunakan sebagai path pesawath terbang untuk melakukan pendaratan agar berjalan mulus. Semua informasi ini akan muncul ke dalam sebuah layar kaca dari pesawat terbang tersebut.




Hal ini tentunya sangat penting bagi pilot untuk mengetahui posisi geometris dari landasan pacu ketika cuaca sedang berawan, sehingga lajur yang dimunculkan dari LandForm RIS ini akan dapat membantu dalam proses pendaratan.





Kesimpulan, Augmented Reality ternyata sudah ada sejak lama, dan banyak manfaat dan kemudahaan yang akan kita dapatkan melalui implementasi dari AR ini, kita patut bersyukur bahwa kita telah dimudahkan dengan banyaknya vendor yang menyediakan SDK dari AR ini secara gratis dan mudah untuk di dapatkan. Lain cerita kalau kita hidup pada tahun 90an dimana AR ini mungkin merupakan suatu barang yang sangat mahal dan cuma sebagian orang yang dapat menggunakannya.

LandForm RIS dengan teknologi Augmented Reality ini contohnya seperti pada video berikut:


5111100145 - Erick Hendra Putra Alwando

0 comments:

Post a Comment