9:13 PM
0
Menentukan kebutuhan kalori dan asupan nutrisi per hari merupakan suatu kendala ketika dihadapkan dengan banyak sekali produk – produk makanan yang belum diketahui total kalori dan nutrisi terkandung di dalamnya. Produk makanan yang dikonsumsi apakah sesuai dengan kebutuhan tubuh atau bahkan melebihi. Dengan mobilitas manusia yang semakin bertambah, sudah banyak dikembangkan perangkat bergerak berbasis android yang mendukung untuk memantau kebutuhan kalori dan nutrisi makanan atau produk makanan. Misalnya saja aplikasi Nutrition Facts, aplikasi ini memberikan informasi berupa database nutrisi dan kalori yang tersimpan dalam suatu makanan atau produk makanan. Pengguna aplikasi ini dihadapkan pada fitur search untuk mencari kandungan nutrisi berdasarkan makanan atau produk makanan yang dipilih. Informasi nutrisi makanan yang dipilih berupa kandungan air, kalori, protein, total lemak, dan karbohidrat. Aplikasi ini juga terdapat fitur takaran penyajian makanan berdasarkan jenis kelamin dan berat badan. Namun kekurangan dari aplikasi ini adalah pengguna tidak bisa secara langsung mendapatkan informasi kandungan nutrisi, melainkan harus mencari terlebih dahulu makanan atau produk makanan apa yang dikonsumsi dan terdapat pada aplikasi tersebut.

Menyorot Objek dan Mendapatkan Visualisasi Objek 3D
Perkembangan platform android pada beberapa bidang lain sudah menggunakan teknologi augmented reality untuk mendukung kinerja aplikasi. Perkembangan augmented reality kian hari kian pesat, dimulai dengan aplikasi sederhana hingga aplikasi yang memiliki kemampuan kompleks. Misalnya saja aplikasi augmented reality untuk pemasaran produk, rehabilitasi pasca sakit stroke, hingga game 3D yang dapat berinteraksi dengan pengguna. Teknologi augmented reality ini beberapa kalangan terutama masyarakat awam dirasa masih baru dan menarik. Beberapa riset menemukan bahwa implementasi dari augmented reality pada aplikasi perangkat bergerak bisa merepresentasikan informasi secara visual.

Menyorot Objek dan Mendapatkan Informasi Nutrisi

Aplikasi media informasi nutrisi pada makanan atau produk makanan ini, menggunakan teknologi augmented reality berupa informasi teks. Informasi yang ditampilkan berupa kandungan nutrisi yaitu kalori, lemak, karbohidrat dan protein. Misalnya pengguna aplikasi ini akan mengonsumsi 1 buah apel, 2 lembar roti tawar, dan satu gelas susu. Untuk mengetahui kandungan nutrisi di dalam makanan atau produk makanan tersebut, pengguna bisa mendapatkan informasi dengan mengambil foto makanan atau produk makanan. Aplikasi akan menampilkan informasi nutrisi yang disimpan di database dan dikemas dalam bentuk Augmented Reality berupa teks. Menggunakan metode CBIR (Content Based Image Recognition), aplikasi ini bisa mengidentifikasi makanan atau produk makanan dari foto dan sebuah webservice dapat digunakan untuk mendapatkan kembali informasi nutrisi.

Aplikasi ini diharapkan bisa mengontrol makanan atau produk makanan apa saja yang akan dimakan dengan memperhatikan kandungan nutrisi di dalamnya kapanpun dan dimanapun. Dengan teknologi Augmented Reality yang masih baru di khalayak umum diharapkan bisa menarik perhatian pengguna untuk memperhatikan lebih kalori, karbohidrat, protein dan lemak pada makanan atau produk makanan yang akan dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan nutrisi di setiap harinya.

5111100002 - Eko Adhi Wiyono

0 comments:

Post a Comment