5:26 AM
3
sumber: http://www.vrs.org.uk/virtual-reality-military/index.html

di Negara Inggris, virtual reality sudah digunakan pada kegiatan militer. Virtual reality ini sangat berguna untuk menghemat pengeluaran mereka. Bayangkan apabila mereka harus melatih para tentara mereka di medan perang yang asli. Untuk mengirim satu peleton saja, mereka harus mengeluarkan uang yang sangat besar, belum lagi apabila pada saat pelatihan, salah satu prajurit mengalami sakit, atau kecelakaan.

Hal inilah yang membuat virtual reality pada bidang militer menjadi salah satu solusi terbaik untuk saat ini. Mereka dapat menghemat waktu, pengeluaran, dan risiko-risiko lainnya yang dapat dihindari.

Pada militer inggris, mereka memakai virtual reality untuk melatih beberapa hal:

  1. Simulasi penerbangan (flight simulation)
    Simulasi penerbangan adalah salah satu contoh yang paling mudah untuk dikenali. Sudah banyak aplikasi-aplikasi yang dibuat agar pemakainya bisa mengerti untuk mengendarai suatu pesawat. Akan tetapi, simulasi penerbangan di sini lebih didetailkan agar pilot bisa menerbangkan pesawat dengan kemungkinan kesalahan sesedikit mungkin. Simulasi penerbangan di sini meliputi cara menerbangkan pesawat dengan kondisi cuaca tertentu, bagaimana cara mengatasi keadaan darurat, dan bagaimana cara berkomunikasi dengan pesawat, atau bandara.

  2. Simulasi medan perang (battlefield simulation)

    Pada ranah ini, aplikasi memberikan contoh medan perang yang akan dipakai oleh militer. Tujuan dari aplikasi ini adalah agar setiap prajurit perang yang akan dilatih pada dunia nyata, setidaknya dapat mengenali lingkungan medan perang yang akan dipakai nanti.

  3. Simulasi pertolongan pertama bagi medis (medical simulation)
    Simulasi mengenai pertolongan pertama biasanya digunakan oleh tim medis untuk latihan terhadap segala situasi. mulai dari situasi cuaca sekitar, sampai situasi kondisi korban yang akan ditolong


  4. Simulasi kendaraan (vehicle simulation)
    Fungsi dari simulasi kendaraan sangat mirip dengan fungsi dari simulasi penerbangan. Hanya saja kata "vehicle" di sini lebih kepada kendaraan darat seperti cara menggunakan tank, truk, jeep.
Rifi Febrio Anggriawan - 5111100166

3 comments: