7:00 AM
0
Aplikasi AR - Rahman merupakan salah satu pemanfaatan teknologi realitas augmentasi dalam bidang musik. Aplikasi ini dibuat untuk tujuan pembuatan musik sederhana tanpa menggunakan alat musik asli dan alat composing selayaknya pembuatan musik. Pengguna dapat memilih instrumen seperti paino, gitar, dan drum.

1. Piano
Pada instrumen piano, terdapat 7 kunci nada dasar do, re, mi, fa, sol, la, dan si. Pengguna dapat menekan satu kunci dasar atau pun menekan kombinasi kunci untuk memainkan kord. Pada instrumen piano, Aplikasi menyediakan marker yang berfungsi sebagai pointer untuk mengubah mode instrumen piano. Mode tersebut terdiri atas Grand Piano, Dulcimer, dan Xylophone.

2. Gitar
Pada instrumen gitar, terdapat dua marker. Marker pertama adalah marker untuk menentukan kord yang ingin dibunyikan. Kord yang ingin dibunyikan ditentukan dengan sudut kemiringan marker tersebut. Marker kedua berfungsi sebagai pendeteksi tangan untuk membunyikan kord yang telah ditentukan dengan menggunakan marker pertama. Marker ini mendeteksi pergerakan tangan pengguna selayaknya memainkan sebuah gitar.

3. Drum
Pada instrumen drum terdapat empat marker yang berfungsi sebagai bass drum, cymbal, snare drum, dan hi-hat. Aplikasi akan otomatis menyimpan ketukan/beat yang telah dibuat dan akan otomatis memainkan beat tersebut secara berulang saat pengguna memainkan instrumen lain.




5111100191 - Salahudin Agung Wijaya

0 comments:

Post a Comment