7:56 PM
0
Augmented Reality (AR) atau Realitas tertambah adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi maupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan dunia nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dilakukan secara real time. Sedangkan Virtual Reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat penggunanya dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imajinasi. Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer, tapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone.
Dewasa ini, teknologi augmented reality maupun virtual reality  sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, dalam dunia kemiliteran, kesehatan, hingga astronomi. Dengan menggunakan teknologi ini, dapat memudahkan pengguna untuk belajar, karena adanya visualisasi objek yan lebih nyata dan interaktif.
Salah satu aplikasi untuk belajar astronomi adalah Google Sky Map. Google Sky Map akan menjawab segala rasa penasaran kita terhadap langit, gugusan bintang dan sekelilingnya. Google Sky Map adalah sebuah aplikasi yang memetakan rasi bintang dan dapat digunakan untuk mempelajari tentang astronomi. Aplikasi ini sangat mudah dan praktis untuk digunakan. Kita cukup mengarahkan mobil device ke objek langit yang dinginkan. Google Sky Map menggunakan gabungan antara kompas, GPS dan teknologi accelerometer. Untuk mengetahui lokasi kita, kita dapat memasukkan data secara manual atau dengan cara yang lebih mudah menggunakan GPS untuk menetukan posisi kita. Kemudian aplikasi ini akan menampilkan objek luar angkasa yang ada sesuai dengan lokasi kita dan responsif terhadap pergerakanyang kita lakukan pada mobile device atau tablet PC kita.

Cara menggunakan aplikasi ini dengan cara mengarahkan kamera pada smartphone ke arah langit, maka layar akan menampilkan gambar sesuai dengan apa yang anda lihat di langit. Selain itu, aplikasi ini juga dapat  menampilkan informasi mengenai objek langit yang terlihat pada layar, seperti nama bintang, rasi bintang, planet, dan informasi lainnya. Semua informasi ini dapat disesuaikan dengan keinginan. Jika hanya ingin melihat planet, maka akan memfilter dan hanya akan menampilkan planet yang ada dan tidak menampilkan objek lainnya.
Aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur, diantaranya Gallery dan Time Traveler. Pada fitur Gallery berisi pilihan objek-objek yang ada di luar angkasa, kita dapat memilih objek mana yang ingin dilihat. pada fitur ini akan menampilkan gambar objek seperti melihat objek tersebut menggunakan teleskop. Kita juga dapat menentukan objek yang ingin dilihat dengan mengetikkan nama objeknya. Kemudian aplikasi ini akan menunjukkan arah kemana harus mengarahkan kamera smartphone untuk menemukan objek tersebut.



Aplikasi ini sangat berguna bagi seseorang yang memiliki ketertarikan ataupun keinginan untuk mempelajari tentang astronomi dengan cara yang mudah , interaktif, dan menyenangkan. Kita dapat mengetahui berbagai informasi mengenai berbagai macam objek luar angkasa hanya dengan mengarahkan kamera smartphone ke langit.

5111100177 - Andina Trya Ramadhayanti

0 comments:

Post a Comment