8:49 AM
0
Virtual Reality merupakan salah satu pemanfaatan teknologi yang memungkinkan pengguna dapat berinteraksi dengan objek virtual menggunakan simulasi komputer. Pemanfaatan teknologi ini dapat kita jumpai di berbagai bidang, salah satunya di bidang otomotif. Salah satu contoh di bidang otomotif dapat kita jumpai pada sebuah Laboratorium bernama Ford’s Immersive Vehicle Environment (F.I.V.E.) milik perusahaan otomotif terkemuka bernama Ford.

Pada lab F.I.V.E. ini, tersedia sebuah jok mobil beserta setir kemudi, monitor 80-inch dengan resolusi 4K, dan perangkat komputer. Pengguna akan menggunakan Head Mounted Display dan sarung tangan khusus, dimana pengguna akan dipantau oleh 19 buah kamera motion tracking yang diletakkan pada dinding ruangan untuk merekam lokasi dan pergerakan kepala pengguna.


Ketika menggunakan perangkat ini, pengguna akan melihat sebuah mobil virtual yang seakan-akan berada di ruangan tersebut. Lingkungan di sekitar mobil dapat diubah dan pengguna dapat berjalan mengelilingi mobil seakan-akan sedang berada di showroom sungguhan. Pengguna juga akan merasakan sensasi duduk di dalam mobil sungguhan dan dapat pula melihat seluruh interior mobil, serta melihat bagian mesin mobil. Model mobil yang ditampilkan sangatlah detil dalam menampilkan bagian mesin dan interior mobil. Kualitas yang ditampilkanpun luar biasa.






Dengan memanfaatkan teknologi ini, para desainer mobil dapat melihat serta melakukan perubahan terhadap desain yang telah dibuat secara nyata tanpa perlu membuat desain mobil secara fisik terlebih dahulu. Tentunya dengan menggunakan teknologi ini, biayapun akan dapat dihemat.



Berikut ini adalah video yang menampilkan demonstrasi perangkat VR yang digunakan Ford dalam lab F.I.V.E. mereka :



Oleh : Mahardhika Rizki Bagaskoro - 5111100188

0 comments:

Post a Comment