10:10 PM
0
Augmented Reality adalah suatu teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda- benda maya tersebut dalam waktu nyata.

Contoh penggunaannya adalah pada siaran berita, khususnya berita laporan cucaca di mana sang pembawa acara terlihat seperti berada di atas sebuah peta untuk menunjukkan prakiraan cuaca yang akan disampaikan. Istilahnya adalah layar hijau atau green screen. Dengan menggunakan latar belakang layar besar berwarna hijau polos, kita dapat mengganti latar belakang tersebut dengan tampilan lain secara digital. Dengan sedikit teknik pengaturan cahaya, kontras, dan warna bisa didapat sebuah gambar yang hampir tidak terlihat bahwa gambar tersebut memiliki unsur dunia maya di dalamnya. Penggunaan augmented reality ini tidak terpengaruh apakah akan digunakan untuk jangka waktu yang akan datang atau secara realtime di saat pengambilan gambar itu juga.



Kini juga terdapat berbagai macam aplikasi weather forecast yang memanfaatkan augmented reality agar membuat tampilan serta penyampaian informasi menjadi lebih menarik. Penggunaan augmented reality ini tentunya menampilkan animasi cuaca berdasarkan data prakiraan cuaca yang akurat. Berikut adalah contoh video sebuah aplikasi weather forecast yang memanfaatkan penggunaan augmented reality.



Oleh: Fajar Ilman Saputra - 5109100149

0 comments:

Post a Comment