6:20 AM
0
Augmented Reality atau Realitas Tertambah adalah sebuah teknologi yang menggabungkan benda maya, baik dua dimensi ataupun tiga dimensi ke dalam lingkungan nyata. Proyeksi benda maya tersebut dilakukan secara real-time antara konten virtual pada  komputer degan tampilan secara langsung pada video.
Cara kerja Augmented Reality menggunakan deteksi citra yang disebut marker. Kamera yang mendeteksi marker ini dapat menampilkan benda atau animasi yang sudah dibuat sebelumnya.


Augmented Reality sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah dalam bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan, augmented Reality dapat digunakan sebagai alat bantu belajar mengajar dimana dengan menggunakan augmented reality ini dimungkinkan adanya visualisasi objek yang lebih nyata dan interaktif. 


Hal ini misalnya dapat ditemui saat belajar tentang tata surya, dengan adanya augmented reality ini, siswa dapat melihat tampilan bumi, planet dan benda antariksa lainnya dengan lebih baik. Selain itu bisa juga ketika pelajaran anatomi, siswa dapat melihat organ tubuh manusia, rangka, dan sistem tubuh yang lain dengan lebih nyata.
Software pembelajaran dengan teknologi Augmented Reality ini contohnya seperti pada video berikut:


5111100055 - Arundin Arnendya Pramana

0 comments:

Post a Comment